Jujur… paling males kalo dah diminta pasang PRINTER CANON di linux… pasti aja ada masalahnya (tapi ini gak berlaku ama HP or EPSON, apa Canon blom sobatan ma linux yak?!?!?!?).
Pertama install ip1900 n ip1800 di ubuntu 9.10 tetep aja ga mau, error karena ga nemu dependency libcupsys2, padahal sebelumnya di jaunty n coba di mandriva aman2 aja…

Ternyata linux emang membuat kita makin pinter troubleshoot, caranya :

1. download driver Canon ip1900 di sini
2. download paket libcupsys2 di sini
3. install dulu paket libcupsys2 (pasti bisa lah… itu kan paket .deb tinggal klik 2x di GUI or mo terminal ? sudo dpkgi -i pastinya)
4. ekstrak driver untuk canon ip1900 yang tadi di download. Nanti akan terdapat 3 file (cnijfilter-common_3.00-1_i386.deb, cnijfilter-common-3.00-1.tar.gz dan cnijfilter-ip1900series_3.00-1_i386.deb)
5. install paket yang .deb dari cnijfilter-common trus ke cnijfilter-ip1900)
6. Selesai..

eits tunggu dulu. selesai kalo printer kita Canon ip1900, lha kalo ip1800 series gimana?
Tenang.. pake driver itu juga bisa koq, ntar tinggal masuk ke menu printer System – Administration – Printing, klik new, sorot list ip1800 trus pilih driver nya, pilih driver Canon trus pilih ip1900.
Selesai… coba aja test print… bisa lah pasti๐Ÿ˜€

One response »

  1. sqa indonesia mengatakan:

    Pakai printer HP aja gan support, kayak punya ku๐Ÿ˜€
    ========================================
    Tertarik tentang SQA masuk sini http://sqaindonesi.wordpress.com

    bener, pake hp or epson sich dah support n selama ini aman2 aja… cuma harusnya canon juga kaya gitu donk….๐Ÿ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s