Sejarah perkembangan komputer bermula dari ilmu matematika yang kemudian terus berkembang. Disini akan dibahas sejarah komputer elektronik saja (Biasanya disebutkan perkembangan komputer setelah 1940).

Komputer Generasi Pertama

  • ABC (Atanasoff and Berry Computer)

Merupakan komputer elektronik pertama di dunia. Diciptakan tahun 1939 oleh profesor ilmu fisika dari University of IOW, John Vincent Atanasoff, bersama seorang mahasiswa lulusan teknik elektronika, Cliffort Berry.

Komputer ini masih menggunakan tabung hampa dan konsep matematika biner, yang dikembangkan oleh George Bollean, memory dan rangkaian logika.

Paten komputer digital pertama tidak dilakukan oleh ABC ini karena meletusnya Perang Dunia, sehingga paten pertama dan kemudian dikenal sebagai komputer diital pertama adalah ENIAC.

Replika Atanasoff–Berry Computer di Durham Center, Iowa State University

  • ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)

Sejarah Komputer elektronik pertama era modern dimulai oleh ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). ENIAC adalah komputer digital serbaguna yang dibuat pada tahun 1946 kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania dan dirancang oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. ENIAC memiliki lebih dari 18.000 tabung hampa, 7.200 dioda kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 100.000 kapasitor dan 5 juta titik solder. Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. Dalam 20 detik, ENIAC dapat melakukan perhitungan matematis yang sebenarnya memerlukan waktu penyelesaian 40 jam jika dilakukan secara manual oleh kita. Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. ENIAC dibuat saat Perang Dunia II dan tugas pertamanya adalah menghitung kelayakan sebuah desain bom Hidrogen. ENIAC adalah komputer sepanjang 100 kaki dengan ketinggian 100 kaki, mengambil luas sekitar 167 m².

ENIAC (U.S Army)

ENIAC di Moore School

Dua Wanita Sedang Menjalankan ENIAC (U.S Army)

  • EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic)

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

EDVAC

EDVAC

  • EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)

Tahun 1949, Di Inggris dikembangkan juga komputer yang dinamai EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator). Komputer ini digunakan sebagai alat yang berorientasi terhadap program tersimpan. EDSAC memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

EDSAC

  • UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)

Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

UNIVAC I adalah komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan dan merupakan komputer komersial pertama di Amerika. Remington Rand berhasil menjual 46 unit komputer dengan harga lebih dari 1 juta dollar US dengan harga pabrik $ 750.000 ditambah printer berkecepatan tinggi pada saat itu seharga $185.000.


UNIVAC I

Referensi :

Wikipedia Indonesia

http://www.geocities.com/neo_vyper/index.htm

http://pusdiklat.pnri.go.id/elearning/pti/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s